Pengaruh Teacher Digital Competence, Personal-ethical Competencies, dan Personal-professional Competencies Terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Kependidikan Melalui Pembelajaran Mikro
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teacher digital competence, personal-ethical competencies, dan personal-professional competencies terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa kependidikan. Penelitian ini mengarah pada permasalahan kompetensi digital dan kompetensi personal guru dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap kemampuan pedagogik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan korelasi product moment. Sampel yang digunakan penelitian ini sejumlah 316 mahasiswa semester 7 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) teacher digital competence berpengaruh terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa, 2) personal-ethical competencies tidak berpengaruh terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa, 3) personal-professional competencies berpengaruh terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa, 4) teacher digital competence, personal-ethical competencies, dan personal-professional competencies secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa kependidikan