Karakteristik Perkembangan Bahasa dalam Berkomunikasi Siswa Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta Karakteristik, perkembangan bahasa, komunikasi siswa, Sanksi

Main Article Content

Julrissani Julrissani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan siswa sekolah dasar di era modern contohnya seperti salah satu problematika pendidikan di era modern ini adalah bahasa, dimana bahasa dipengaruhi dari sosial media serta pembiasaan dari lingkungan, peserta didik yang rentan umur masih anak-anak maka belum dapat menyaring secara penuh mana yang baik dan tidak baik untuk diaplikasikan terkait dari apa yang mereka dapatkan. Subjek penelitian ini di ambil dari sampel dua tahun berselang perkembangan yaitu kelas 2, 4 dan 6. Jenis penelitian merupakan penelitian lapangan yang dideskripsikan dengan menganalisis dari data observasi, wawancara serta dokumen terkait. Perkembangan bahasa pada anak semakin hari semakin berkembang dan mereka belum dapat menyaring bahasa yang ia peroleh dari lingkungannya, dari hal tersebut peran guru yang hadir untuk membenahi permasalahan dalam perkembangan bahasa. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang di teliti yaitu sebagai sumbangan pemikiran penulis yang direkomendasikan baik dalam pengertian teori maupun praktis dan terbentuknya siswa yang bertagung jawab terkait apa yang mereka ucapkan, sehingga menjadikan pembelajaran bagi peserta didik dalam menyaring sesuatu sebelum di aplikasikan ke publik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Julrissani, J. (2020). Karakteristik Perkembangan Bahasa dalam Berkomunikasi Siswa Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 72-87. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.296
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.