Pengembangan Buku Panduan Lapangan Identifikasi Bambu bagi Siswa Kelas X di Manggarai NTT

Main Article Content

Emenilda Mulia
Putri Athirah Azis
Alin Liana

Abstract

Kekayaan sumber daya alam lokal di Indonesia memungkinkan setiap daerah memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Buku Panduan Lapangan yang disusun berdasarkan hasil penelitian tentang identifikasi bambu di Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi pada tahap Development. Produk yang dihasilkan dinilai oleh 2 orang ahli materi dan 23 orang responden siswa kelas X SMA. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas produk berbentuk checklist dengan menggunakan skala likert. Hasil penilaian produk menunjukkan bahwa kualitas Buku Panduan Lapangan Identifikasi Bambu termasuk dalam kategori Baik (B) menurut para ahli dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 78% dan 74%. Sementara itu, respon siswa berada pada kategori Sangat Setuju (SS) dengan persentase keidealan sebesar 93%.


 


Kata Kunci: Pengembangan pembelajaran, Buku Panduan Lapangan, Bambu, NTT

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mulia, E., Azis, P., & Liana, A. (2022). Pengembangan Buku Panduan Lapangan Identifikasi Bambu bagi Siswa Kelas X di Manggarai NTT. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 923-928. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2967
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.