Pengembangan Buku Panduan Lapangan Identifikasi Bambu bagi Siswa Kelas X di Manggarai NTT
Main Article Content
Abstract
Kekayaan sumber daya alam lokal di Indonesia memungkinkan setiap daerah memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Buku Panduan Lapangan yang disusun berdasarkan hasil penelitian tentang identifikasi bambu di Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi pada tahap Development. Produk yang dihasilkan dinilai oleh 2 orang ahli materi dan 23 orang responden siswa kelas X SMA. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas produk berbentuk checklist dengan menggunakan skala likert. Hasil penilaian produk menunjukkan bahwa kualitas Buku Panduan Lapangan Identifikasi Bambu termasuk dalam kategori Baik (B) menurut para ahli dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 78% dan 74%. Sementara itu, respon siswa berada pada kategori Sangat Setuju (SS) dengan persentase keidealan sebesar 93%.
Kata Kunci: Pengembangan pembelajaran, Buku Panduan Lapangan, Bambu, NTT