Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Elementer

Main Article Content

Sadiana Lase

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hakikat pembelajaran matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan studi kasus campuran dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika di IKIP Gunungsitoli yang mengalami kesulitan belajar matematika pada mata kuliah Aljabar Elementer. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik dan pedoman wawancara. Letak kesulitan matematika di lihat berdasarkan kesulitan mahasiswa menyelesaikan tes diagnostik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa untuk belajar matematika didasarkan pada pemahaman mereka tentang pengetahuan faktual sebesar 12,2%, pengetahuan konseptual sebesar 19,7%, pengetahuan prosedural sebesar 20,7%, dan pengetahuan metakognitif sebesar 47,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lase, S. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Elementer. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 918-927. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2973
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.