Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Pada Mata Kuliah Genetika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dan worksheets yang diimplementasikan pada mata kuliah genetika dengan menggunakan model pembelajaran Pembelajaran berbasis masalah berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berpikir kritis pada mata kuliah Genetika pada mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Gunungsitoli Semester V yang berjumlah 38 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap: Define, Design, Develop & Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dan worksheets yang dikembangkan valid, praktis, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Perkembangan modul dan worksheets terdistribusi secara normal dan homogen. Sebaliknya, keterampilan berpikir kritis mahasiswa berhasil ditingkatkan melalui soal tes evaluasi berpikir kritis menggunakan modul yang menghasilkan presentasi 73,5% dengan kategori kritis dan pada keterampilan berpikir kritis mahasiswa menggunakan worksheets melalui masalah yang dikerjakan secara kelompok pada kategori sangat kritis dengan presentasi sebesar 91,2%.