Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Pada Mata Kuliah Genetika

Main Article Content

Natalia Kristiani Lase

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dan worksheets yang diimplementasikan pada mata kuliah genetika dengan menggunakan model pembelajaran Pembelajaran berbasis masalah berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berpikir kritis pada mata kuliah Genetika pada mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Gunungsitoli Semester V yang berjumlah 38 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap: Define, Design, Develop & Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dan worksheets yang dikembangkan valid, praktis, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Perkembangan modul dan worksheets terdistribusi secara normal dan homogen. Sebaliknya, keterampilan berpikir kritis mahasiswa berhasil ditingkatkan melalui soal tes evaluasi berpikir kritis menggunakan modul yang menghasilkan presentasi 73,5% dengan kategori kritis dan pada keterampilan berpikir kritis mahasiswa menggunakan worksheets melalui masalah yang dikerjakan secara kelompok pada kategori sangat kritis dengan presentasi sebesar 91,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lase, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Pada Mata Kuliah Genetika. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 903-911. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2976
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.