EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMECAHAN MASALAH DDFK (DEFINISI, DESAIN, FORMULASI, DAN KOMUNIKASI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika sebelum penerapan Model Pemecahan Masalah DDFK. (2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika sesudah penerapan Model Pemecahan Masalah DDFK. (3) Mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pemecahan Masalah DDFK terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan One-Group Pretest-Posttes Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X4 SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 1 kelas. Sampel diambil secara random atau acak karena terdiri dari 9 kelas. Instrumen yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang terkait dengan materi Trigonometri, dan lembar observasi. Pengolahan data yang dilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan analisis statistik.
Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika sebelum penerapan Model Pemecahan Masalah DDFK adalah 50,88 sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika setelah penerapan Model Pemecahan Masalah DDFK adalah 78,50. Adapun analisis statistik inferensial untuk instrumen dalam bentuk tes menunjukkan nilai dan nilai sehingga nilai F yang dicari = 1,98. Dengan demikian > atau F > 0, berarti model pemecahan masalah DDFK efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X4 SMA Negeri 11 Makassar.