Konsep Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Melalui Kegiatan Diklat: Kajian Pustaka
Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk: (1) memberikan gambaran tentang pengembangan pendekatan pendidikan dan latihan bahasa Inggris berbasis pengembangan diri; dan (2) memberikan gambaran tentang pengembangan pendekatan praktik pembelajaran bahasa Inggris berbasis pengembangan diri untuk mengembangkan kapasitas peserta diklat. Beberapa temuan menunjukkan bahwa diklat bahasa Inggris selama ini lebih menitikberatkan pada penguasaan bahasa dan pengajaran bahasa Inggris. Berdasar hal tersebut, dikembangkan pendekatan dengan fokus pada pembelajaran bahasa Inggris yang mengarahkan pada optimalisasi pengembangan diri pribadi melalui tugas-tugas yang dilakukan. Kajian dalam tulisan ini dilakukan dengan studi pustaka secara komprehensif terhadap sejumlah referensi terkait dengan konsep diklat, konsep pengembangan diri, dan teori belajar. Kajian tentang konsep diklat menunjukkan bahwa desain dan konten diklat harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir peserta diklat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Konsep pengembangan diri menunjukkan bahwa melalui praktik kebiasaan sehari-hari yang baik akan membuat kapasitas peserta diklat berkembang.