Konsep Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Melalui Kegiatan Diklat: Kajian Pustaka

Main Article Content

Bachtiar Bachtiar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk: (1) memberikan gambaran tentang pengembangan pendekatan pendidikan dan latihan bahasa Inggris berbasis pengembangan diri; dan (2) memberikan gambaran tentang pengembangan pendekatan praktik pembelajaran bahasa Inggris berbasis pengembangan diri untuk mengembangkan kapasitas peserta diklat. Beberapa temuan menunjukkan bahwa diklat bahasa Inggris selama ini lebih menitikberatkan pada penguasaan bahasa dan pengajaran bahasa Inggris. Berdasar hal tersebut, dikembangkan pendekatan dengan fokus pada pembelajaran bahasa Inggris yang mengarahkan pada optimalisasi pengembangan diri pribadi melalui tugas-tugas yang dilakukan. Kajian dalam tulisan ini dilakukan dengan studi pustaka secara komprehensif terhadap sejumlah referensi terkait dengan konsep diklat, konsep pengembangan diri, dan teori belajar. Kajian tentang konsep diklat menunjukkan bahwa desain dan konten diklat harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir peserta diklat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Konsep pengembangan diri menunjukkan bahwa melalui praktik kebiasaan sehari-hari yang baik akan membuat kapasitas peserta diklat berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bachtiar, B. (2021). Konsep Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Melalui Kegiatan Diklat: Kajian Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 946-961. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.3008
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.