Efektivitas Metode Problem Based Learing dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode Problem Based Learning dan (2) hasil keterampilan menulis cerpen melalui metode Problem Based Learning siswa kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes menulis cerpen, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII SMP. Pembelajaran keterampilan menulis cerpen dengan memerhatikan aspek penilaian yaitu aspek Kesesuaian isi cerpen, Penyajian dan organisasi, bahasa, dan mekanik. Perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I hanya mencapai 51.72% sedangkan nilai pada siklus II meningkat sebesar 82.7%. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi guru bahasa Indonesia khususnya di kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko hendaknya guru dapat memilih metode pembelajaran dengan baik sesuai dengan materi yang akan diajarkan, misalnya dengan menggunakan metode Problem Based Learning sebagai alternatif pembelajaran menulis cerpen untuk menambah minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian dalam aspek yang berbeda untuk menambah khasanah ilmu bahasa.