Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMP Negeri 3 Namohalu Esiwa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mengelompokkan tumbuhan melalui guided inquiry. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini diawali dengan pra-siklus sebelum siklus pertama. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Namohalu Esiwa. Data diperoleh dengan instrumen hasil belajar afektif yang terdiri dari sikap keagamaan, dan sikap sosial yang meliputi iman, kejujuran, disiplin, kerjasama, toleransi, dan kerjasama. Pada akhir siklus, data pengetahuan dikumpulkan dengan kuis dan soal tes. Data keterampilan dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi praktik dan produk. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry. Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 3,02 dan pada siklus II sebesar 3,48. Hasil belajar kognitif menunjukkan peningkatan dari siklus I siswa yang tuntas sebanyak 19 orang (79,17%) pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 22 orang (91,67%), sedangkan hasil belajar psikomotor untuk melatih kompeternsi pada siklus I sebesar 3,07, dan siklus II sebesar 3,28. Implementasi model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi.