Analisis Persepsi Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo pada Masa Transisi Perkuliahan Daring menuju Blended Learning

Main Article Content

Muhtadin Amri
M. Toha Ainun Najib
Amrul Hinung Prihamayu
Muhammad Arif Zikir Risky

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring pada semester Gasal tahun akademik 2021/2022, kendala-kendala yang dihadapi, media yang digunakan, media dan metode perkuliahan yang sebaiknya digunakan di semester selanjutnya dan apa saja harapan mahasiswa untuk perkuliahan di semester berikutnya. Responden terdiri dari mahasiswa sarjana aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo angkatan 2016 s/d 2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan sebaran link angket kuesioner online melalui google forms yang disebarkan melalui pesan di grup WhatsApp. Teknik pengolahan dan analisa data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis data kuantitatif dilakukan secara deskriptif sedangkan analisis data kualitatif ditempuh melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian menunjukkan persepsi positif mahasiswa terhadap perkuliahan daring adalah karena keluasan waktu, lebih dekat dengan keluarga, lebih hemat biaya. Sedangkan persepsi negatifnya susah sinyal, kekurangan kuota internet, dan sulit memahami materi. Media perkuliahan yang banyak digunakan adalah E-learning IAIN Ponorogo, Google Classrooms, WhatsApp, dan Google Meet. Mayoritas mahasiswa menghendaki perkuliahan dilakukan secara blended. Sejumlah harapan yang disampaikan diantaranya perbaikan sistem e-learning, komunikasi yang lebih intensif, dan adanya bantuan kuota dari pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amri, M., Najib, M. T., Prihamayu, A., & Zikir Risky, M. (2022). Analisis Persepsi Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo pada Masa Transisi Perkuliahan Daring menuju Blended Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 533-540. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3019
Section
Articles
Author Biographies

M. Toha Ainun Najib, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

M. Thoha Ainun Najib, M.Pd lahir di Madiun 08 Agustus 1994, lulus S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang dan S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penulis saat ini aktif sebagai dosen tetap di FEBI IAIN Ponorogo.

Amrul Hinung Prihamayu, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Amrul Hinung Prihamayu, lahir di Madiun 18 Oktober 1991, lulus S1 Matematika dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan S2 Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada. Penulis saat ini aktif sebagai dosen tetap di FEBI IAIN Ponorogo.

Muhammad Arif Zikir Risky, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Muhammad Arif Zikir Risky, M.Kom, kelahiran kota Surabaya, 31 Desember 1995, lulus S1 Sistem Informasi dari STMIK Indonesia Padang dan S2 Sistem Informasi dari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Penulis saat ini aktif sebagai dosen tetap di FEBI IAIN Ponorogo.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.