Kesiapan Belajar Online Dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dakwah IAIN Pontianak
Main Article Content
Abstract
Penelitian akan membuktikan bahwa kesiapan belajar online memiliki pengaruh pada aktivitas belajar mahasiswa di Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Pontianak. Pemilihan pendekatan kuantitatif didasari atas terdapat variabel dan pengujian hipotesis. Metode penelitian dengan expost facto. Dua variabel yang dipilih yakni kesiapan belajar online, dan aktivitas belajar mahasiswa baru. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling total, menggunakan seluruh atribut dan anggota dari populasi menjadi atribut dan anggota dari sampel. Kuesioner disusun untuk memperoleh data utama penelitian. Regresi sederhana dipilih sebagai teknik analisisnya. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kesiapan belajar online terhadap aktivitas belajar mahasiswa baru. Hasil empiris penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar online dapat mempengaruhi signifikan terhadap variabel aktivitas belajar mahasiswa. Terbukti dari hasil analisis nilai signifikan (0,00) tidak lebih besar dari nilai 0,05, sehingga hipotesis diterima. Hal ini dikarenakan mahasiwa yang memiliki kesiapan belajar secara online memiliki kondisi baik yang secara mental dan fisik untuk berhasil dalam memperoleh pengalaman dan tindakan pembelajaran online. Karena kondisi tersebut, pembelajaran akan berjalan dengan baik dan tercipta situasi belajar yang aktif walaupun dalam kondisi pandemi yang pembelajarannya dilakukan secara online. Sumbangan pengaruhnya sebesar 61,3%, dan sumbangan sebesar 38,7% berasal dari variabel lain yang tidak dihitung dan dianalisis pada penelitian ini.