Menjadi Dosen Online Inovatif Berbasis Praktik Esensial di Era Disrupsi Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Salah satu bidang yang telah dipengaruhi secara signifikan di era pandemi C-19 adalah pendidikan di semua jenjang. Saat ini, banyak akademisi tidak memahami nilai pembelajaran online atau berusaha menjadi dosen online yang lebih baik. Dosen terkadang menemukan kegagalan dalam membuat hubungan antara apa yang kita lakukan di kelas fisik dan apa yang kita lakukan di kelas online. Padahal kelas online akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Banyak akademisi tampaknya percaya bahwa mahasiswa harus dapat berjalan sendiri melalui pembelajaran online tanpa perlu bimbingan, itu merupakan suatu bencana. Pengajaran daring yang baik mengharuskan dosen melakukan upaya ekstra untuk membantu mahasiswa bertahan, belajar secara mendalam, dan mengalami transformasi sebagai hasil dari kelas daring. Hal itu membutuhkan kesadaran akan tantangan pendidikan online dan membutuhkan pemikiran yang cermat dan perencanaan yang baik. Makalah ini bertujuan untuk mendorong akademisi untuk berusaha merumuskan bagaimana menjadikan pedagogi online seefektif mungkin di era new normal dengan berusaha menerapkan dan membawa prinsip pembelajaran tatap muka ke kelas online. Semoga makalah ini, mampu membawa semangat kita dari ruang kelas fisik ke ruang kelas online dengan baik. Karakateristik pengajaran yang baik adalah keinginan untuk terus menjadi lebih baik.