Evaluasi Model CIPP pada Perkuliahan Daring Fakultas Tarbiyah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Tahun 2021

Main Article Content

Lailla Hidayatul Amin
Alfian Eko Rochmawan
Fisilmi Annisa Fauzia
Elihami Elihami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring pada PTKI saat terjadi wabah dengan menggunakan evaluasi program model CIPP dengan komponen context, input, process, dan produc. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-deskriptif dan menggunakan evaluasi CIPP. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah tahun masuk 2019/2020, adapun sampel diambil 200 orang. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perkuliahan sistem daring di Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat pada: 1) Hasil evaluasi kontek termasuk dalam kategori baik dengan prosentase 40%. Hal ini di dukung dengan jawaban setuju 59,83% pada indikator lingkungan belajar. 2) Hasil evaluasi input program termasuk dalam kategori kurang baik dengan prosentase 48,5%. Meskipun begitu, responden menjawab setuju 58% pada indikator kompetensi dosen dalam penggunaan media dan menjawab setuju 64,10% pada indikator kualitas materi. 3) Hasil evaluasi Proses termasuk dalam kategori baik dengan prosentase 40%. Hal ini didukung dengan jawaban responden pada indikator aktivitas dosen, pemanfaatan sarana serta hambatan dan kendala secara berturut-turut adalah 50.30%, 39,33% dan 44,07%. 4) Hasil evaluasi Produk termasuk dalam kategori baik dengan prosentase 43,5%. Hal ini didukung dengan jawaban setuju 61,4% dengan hasil pembelajaran daring dan 52,4% setuju dengan dampak ilmu yang didapat

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amin, L. H., Rochmawan, A. E., Fauzia, F. A., & Elihami, E. (2022). Evaluasi Model CIPP pada Perkuliahan Daring Fakultas Tarbiyah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Tahun 2021. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 247-254. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3033
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.