Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat partisipasi dan hasil belajar mahasiswa dari kemampuan menyelesaikan kasus-kasus berkaitan dengan manajemen perubahan organisasi, dimulai dari identifikasi fakta, teori manajemen perubahan, alasan perubahan, penyebab perubahan dan cara melakukan perubahan. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar di kelas Manajemen Perubahan berjumlah ± 32 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan, selama aktivitas perkuliahan berlangsung secara virtual menggunakan zoom meeting, masih ditemukan mahasiswa yang kurang memahami materi perkuliahan serta kasus yang telah didiskusikan, ini disebabkan ketika pembelajaran berlangsung mahasiswa tersebut tidak mau bertanya dan tidak memiliki rasa ingin tahu terhadap materi dan penjelasan kasus yang disampaikan baik oleh sesama rekan mahasiswa ataupun dosen, hal ini lah yang menunjukkan efektivitas metode pembelajaran case method serta tingkat partispasi dan hasil belajar mahasiswa belum menunjukkan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hal lain menunjukkan bahwa dari jumlah mahasiswa yang mengikuti kelas perkuliahan manajemen perubahan, 36% dari jumlah mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan melalui implementasi case method menunjukkan pengaruh positif terhadap metode pembelajaran case method dan membantu mengembangkan kemampuan berpikir untuk menyelesaikan masalah, keterampilan intelektual serta menjadi pebelajar mandiri