Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pengembangan media peraga dalam penyampaikan materi belum menunjukkan peningkatan mutu pembelajaran secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendala yang dihadapi untuk mengembangkan media peraga dalam meningkatkan mutu pembelajaran di beberapa SD Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yakni penelaahan secara empiris yang menyelidiki suatu gejala dalam latar kehidupan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pengembangan media peraga berdasarkan tujuan, program, dan standar ketercapaian mutu pendidikan. Pelaksanaan melalui pemilihan media peraga, pengembangan media peraga, penggunaan media peraga dan perbaikan media peraga sesuai kebutuhan materi pelajaran. Evaluasi melalui mengukur ketercapaian pengembangan media peraga, menganalisis hasil evaluasi, dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan media peraga yakni dukungan dari pihak sekolah belum optimal, kerjasama antara teman sejawat untuk membangun kreatifitas belum optimal, sarana dan prasarana belum memadai, serta biaya khusus untuk pengembangan penyediaan media peraga belum maksimal.