Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Main Article Content

Devi Sulaeman
Rini Novianti Yusuf
Wika Karina Damayanti
Opan Arifudin

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengembangan media peraga dalam penyampaikan materi belum menunjukkan peningkatan mutu pembelajaran secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendala yang dihadapi untuk mengembangkan media peraga dalam meningkatkan mutu pembelajaran di beberapa SD Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yakni penelaahan secara empiris yang menyelidiki suatu gejala dalam latar kehidupan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pengembangan media peraga berdasarkan tujuan, program, dan standar ketercapaian mutu pendidikan. Pelaksanaan melalui pemilihan media peraga, pengembangan media peraga, penggunaan media peraga dan perbaikan media peraga sesuai kebutuhan materi pelajaran. Evaluasi melalui mengukur ketercapaian pengembangan media peraga, menganalisis hasil evaluasi, dan menindaklanjuti hasil evaluasi.  Kendala yang dihadapi dalam pengembangan media peraga yakni dukungan dari pihak sekolah belum optimal, kerjasama antara teman sejawat untuk membangun kreatifitas belum optimal, sarana dan prasarana belum memadai, serta biaya khusus untuk pengembangan penyediaan media peraga belum maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sulaeman, D., Yusuf, R., Damayanti, W., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71-77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3035
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.