Analisis Tindak Tutur Direktif antara Guru dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi

Main Article Content

Handayani Eka Widiyarti
Akhyaruddin Akhyaruddin
Andiopenta Purba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif guru dan siswa dalam pembelajaran dan mendeskripsikan makna tuturan dari pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Pendekatan Penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, Subjek ini Guru dan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Muaro Jambi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui teknik simak, rekam dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa jenis-jenis tindak tutur direktif yang muncul pada pertuturan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kelas VII di SMP Negeri 1 Muaro Jambi, yaitu tindak tutur direktif permintaan, tindak tutur direktif perintah, tindak tutur direktif pertanyaan, tindak tutur direktif larangan, tindak tutur direktif nasihat, dan tindak tutur direktif pemberian izin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widiyarti, H., Akhyaruddin, A., & Purba, A. (2022). Analisis Tindak Tutur Direktif antara Guru dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 177-185. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3053
Section
Articles
Author Biographies

Handayani Eka Widiyarti, Universitas Jambi

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Akhyaruddin Akhyaruddin, Universitas Jambi

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Andiopenta Purba, Universitas Jambi

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.