Efektivitas Pelaksanaan Ujian Semester Menggunakan Computer Based Test

Main Article Content

Zulkifli N
https://orcid.org/0000-0002-1772-2654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan  ujian  semester berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT),  kesiapan siswa dalam mengikuti UTS CBT dan PBT, keefektivan penggunaan CBT pelaksanaan ujian semester di Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang. Subjek pada kajian studi ini ialah mahasiswa semester 5  Prodi Teknologi Pendidikan . Objek penelitian ini adalah penggunaan CBT dalam pelaksanaan Ujian Semester. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dalam metode observasi,  kuisioner  dan  dokumentasi.    Tahap  analisis  data  meliputi persiapan dan kajian literatur, mengembangkan instrumen penelitian, penyebaran angket menggunakan Google Form, melakukan kajian dan analisis data dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan  CBT sebagi media dalam pelaksanaan ujian semester berjalan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan melalui hasil angket repon mahasiswa, dimana hampir 78 % mahasiswa merasa senang saat mengikuti ujian manggunakan CBT. Selain itu  pengoperasiaan CBT yang mudah membuat pelaksanaan ujian menggunakan CBT  parktis dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
N, Z. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Ujian Semester Menggunakan Computer Based Test. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 186-191. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3057
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.