Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik

Main Article Content

Noveri Amal Jaya Harefa
Bertikaria Laoli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk LKPD berbasis Saintifik pada materi menganalisis hal yang dapat diteladani dari teks biografi dan dapat dipergunakan peserta didik sebagai sumber belajar mandiri khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi berupa angket validasi ahli materi, bahasa, desain dan angket respon peserta didik. Hasil analisis dapat diperoleh dari data kuantitatif dan kualitatif. Hasil temuan pada penelitian ini yaitu diperoleh nilai dari hasil validasi, uji coba dan hasil belajar berupa LKPD. Penilaian validasi oleh ahli materi pada revisi awal dengan persentase 75%, revisi akhir 95,8% dengan kriteria sangat layak, penilaian validasi oleh ahli bahasa pada revisi awal dengan persentase 72,7%, revisi akhir 95,4% dengan kriteria sangat layak, penilaian validasi oleh ahli desain pada revisi awal dengan persentase 94,0%, revisi akhir 100% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba perorangan memperoleh 98% dan hasil angket respon peserta didik pada uji coba lapangan memperoleh 96,7%. Kemudian hasil belajar peserta didik mencapai nilai persentase sebesar 87,3% dengan kriteria efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harefa, N., & Laoli, B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 981-992. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.3063
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.