Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Guided Discovery Berorientasi Pada Pendidikan Karakter

Main Article Content

Dalifati Ziliwu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangakan perangkat pembelajaran Biologi berbasis guided discovery yang berorientasi pada pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif serta untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa. Pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan pada tahap develop. Proses pengumpulan data diawali dengan validasi dan pengujian instrumen yang sedang di bangun. Rancangan instrumen di buat, di validasi oleh tiga ahli dan praktisi, kemudian diujicobakan secara terbatas di Kelas XI IPA SMAN 1 Namohalu Esiwa yang jumlah siswanya 31 orang untuk mengevaluasi kepraktisan dan efektifitas instrumen. Validitas perangkat pembelajaran rerata 3,49 dalam kategori valid, perangkat pembelajaran juga dikatakan praktis dan sesuai berdasarkan hasil pengamatan dan kegiatan pelaksanaan. Hasil belajar kogitif rata-rata sebesar 80,21, hasil belajar afektif rata-rata 82,00 dan hasil belajar psikomotor dengan rata-rata 80,32. Sehingga perangkat pembelajaran dikembangkan disimpulkan valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas XI IPA SMAN 1 Namohalu Esiwa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ziliwu, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Guided Discovery Berorientasi Pada Pendidikan Karakter. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 972-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.3064
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.