Rancang Bangun Prototype Aksesoris Pot Tanaman dengan Bio Saringan Udara Dasar Pot (B-Subpot)

Main Article Content

Ismail Ismail
https://orcid.org/0000-0003-3859-5719
Tini Tini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan mendesain aksesoris pot yang optimal untuk menghasilkan Bio Saringan Udara Bawah Pot (B-Subpot) untuk tanam, dengan rancangan bahan dasar Polypropylene atau bahan daur ulang botol plastic (PET). Penumpukan akar di bagian bawah pot dapat menimbulkan masalah busuk akar pada tanaman karena bagian ini mengalami kelembaban yang cukup tinggi dan oksigen berkurang sehingga sel-sel akar tidak dapat menghasilkan molekul untuk menyimpan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan B-Subpot diharapkan lebih efektif dan efisien karena hanya ditempatkan pada dasar pot pot yang memiliki lubang kecil yang berfungsi sebagai lubang ventilasi untuk memberikan napas atau udara yang baik pada akar tanaman. B-Subport dapat menyediakan drainase dan aliran udara yang lebih baik untuk melindungi tanaman dari hama. B-Subpot juga berfungsi sebagai tikar bawah yang dapat mencegah media tanam bocor dan tetap berada di posisinya. B-Subpot dapat dikembangkan untuk berbagai jenis pot dan ukuran. Namun demikian, penelitian ini masih terbatas pada desain B-Subpot disebabkan karena keterbatasan finansial dan SDM. Untuk penelitian selanjutnya akan dikembangkan ke tahap pengembangan produk sampai komersialisasi. Disamping itu, terbuka kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak khususnya dunia industri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ismail, I., & Tini, T. (2022). Rancang Bangun Prototype Aksesoris Pot Tanaman dengan Bio Saringan Udara Dasar Pot (B-Subpot). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 383-391. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3085
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.