Tingkat Kecerdasan Emosional Anak Panti Asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional anak panti asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak panti Asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang yang berjumlah 34 anak, dan seluruh anak dijadikan sampel pada penelitian ini. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Angket digunakan untuk mengungkapkan data tingkat kecerdasan emosional anak panti Asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kecerdasan emosional siswa berada pada kategori baik mencapai 76,19%.
Downloads
Article Details
References
[2] Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
[3] Dahlan, A., & Suryani, A. (2020). UPAYA MENANGANI PERMASALAHAN DALAM PERKEMBANGAN REMAJA (Tinjauan aspek keberagamaan) (Vol. 4, Issue 2) Emotional Intelligence (Terjemahan T Hermaya). PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[4] Daniel, G. (2006). Emotional Intelligence Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Dhofir, Syarqawi, 1997Pengantar Metode Riset. Prenduan: Al Amin Soemanto, Wasty.
[5] Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosional. Gramedia Pustaka Utama.
[6] Gottman, John. Joan DeClaire, (2001). Mengembangkan Kecerdasaan Emotional anak PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[7] Priyatno, D. (2012). Belajar cepat olah data statistik dengan SPSS (Yogyakarta.
[8] Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11-29.
[9] Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: grasindo, 82.