Tingkat Kecerdasan Emosional Anak Panti Asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang

Main Article Content

Aisyah Suryani
Achmad Dahlan Muchtar
Muthmainnah Muthmainnah
Elihami Elihami

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional anak panti asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak panti Asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang yang berjumlah 34 anak, dan seluruh anak dijadikan sampel pada penelitian ini. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Angket digunakan untuk mengungkapkan data tingkat kecerdasan emosional anak panti Asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kecerdasan emosional siswa berada pada kategori baik mencapai 76,19%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suryani, A., Dahlan Muchtar, A., Muthmainnah, M., & Elihami, E. (2021). Tingkat Kecerdasan Emosional Anak Panti Asuhan Ridha Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 999-1004. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3089
Section
Articles

References

[1] Achmad, Munib dkk. (2006). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT Unnes Press. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
[2] Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
[3] Dahlan, A., & Suryani, A. (2020). UPAYA MENANGANI PERMASALAHAN DALAM PERKEMBANGAN REMAJA (Tinjauan aspek keberagamaan) (Vol. 4, Issue 2) Emotional Intelligence (Terjemahan T Hermaya). PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[4] Daniel, G. (2006). Emotional Intelligence Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Dhofir, Syarqawi, 1997Pengantar Metode Riset. Prenduan: Al Amin Soemanto, Wasty.
[5] Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosional. Gramedia Pustaka Utama.
[6] Gottman, John. Joan DeClaire, (2001). Mengembangkan Kecerdasaan Emotional anak PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
[7] Priyatno, D. (2012). Belajar cepat olah data statistik dengan SPSS (Yogyakarta.
[8] Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11-29.
[9] Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: grasindo, 82.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.