Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi 1 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Word Square. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP Gunungsitoli semester II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian: persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif work square dalam proses belajar mengajar mata kuliah Dasar- Dasar Akuntansi I dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester II IKIP Gunungsitoli. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,30% dalam kategori sedang, meningkat pada siklus II mencapai 83,30% dalam kategori sangat baik. Sehingga disimpulkan bahwa model kooperatif Word Square berpengaruh positif terhadap hasil belajar yaitu peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar Akuntansi I.