Faktor-faktor yang Meningkatkan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam di Indonesia: Literature Review

Main Article Content

Nariratih Anggraeni
Budi Haryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang meningkatkan pendidikan karakter berbasis nilai islam di Indonesia. Metode yang digunakan Literature Review menggunakan database Taylor and Francis dan Google Scholar. Hasil pencarian yang memenuhi kriteria terdapat dalam bagan prisma flowchart. Hasil dari 106 artikel relevan judul dan abstrak, didapatkan 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil review ditemukan empat tema yaitu beribadah, mandiri dan tanggung jawab, semangat kebangsaan, dan teladan yang berpengaruh terhadap faktor-faktor yang meningkatkan pendidikan karakter berbasis nilai islam di Indonesia. Proses pendidikan karakter menjadi tanggung jawab semua komponen, baik keluarga, sekolah, masyarakat, atau pemerintah sehingga siswa memiliki sikap dan perilaku sosial seperti simpati, empati, toleransi, kejujuran, ketaatan, tanggung jawab dan disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, N., & Haryanto, B. (2022). Faktor-faktor yang Meningkatkan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam di Indonesia: Literature Review. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 489-496. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3115
Section
Articles
Author Biographies

Nariratih Anggraeni, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam

Budi Haryanto, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Dosen Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.