Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum
Main Article Content
Abstract
- Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai menjadi salah satu faktor tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa yaitu metode praktikum. Keterampilan proses sains dibutuhkan untuk memperoleh, mengembangkan serta menerapkan konsep, hukum dan prinsip yang ada pada sains. Metode praktikum mendorong siswa untuk memahami materi bukan hanya pada teori tetapi juga meningkatkan kemampuan proses, kemampuan menganalisis, serta kemampuan siswa dalam menyimpulkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretes-posttest. Berdasarkan hasil observasi didapatkan presentase keterampilan proses sains siswa pada setiap indikator, yaitu mengamati 51,56%, mengklasifikasi 45,31%, mengkomunikasikan 43,75%, menarik kesimpulan 48,44%, dan memprediksi 45,31%. Pada saat menggunakan metode praktikum terdapat peningkatan keterampilan proses sains yaitu mengamati 64,06%, mengklasifikasi 59,38%, melakukan percobaan 73,44%, mengkomunikasikan 54,69%, menarik kesimpulan 53,13%, dan memprediksi 60,94%. Metode praktikum terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan perolehan N-gain 0,31 .
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Putri, R., Sudarti, S., & Prihandono, T. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 497-502. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3145
Section
Articles