Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Terbatas di Kabupaten Enrekang

Main Article Content

Masnur Masnur
Aminullah Aminullah
Muh Idham Haliq
Elihami Elihami
Rahmat Rahmat

Abstract

Virus corona atau covid 19 memberikan dampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, baik segi ekonomi, sosial, kesehatan, bahkan pendidikan. Hampir seluruh negara terdampak pandemi mengambil kebijakan menutup sekolah, termasuk juga di Indonesia. Namun, anak harus tetap mendapatkan haknya memperoleh layanan pendidikan. Oleh karena itu, Pemerintah mengeluarkan ketetapan melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, yang salah satu isinya tentang Belajar Dari Rumah (BDR) selama Pandemi Covid-19 melalui pembelajaran jarak jauh. Untuk memberikan layanan pendidikan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan warga satuan pendidikan serta mencegah penyebaran Covid-19 yang masif, Mendikbud menghimbau agar semua lembaga pendidikan tidak melakukan proses belajar mengajar secara langsung atau tatap muka, melainkan harus dilakukan secara tidak langsung atau jarak jauh. Dengan adanya surat edaran dari kemendikbud mengenai pembelajaran tatap muka terbatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau evaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan model CIPP. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap penilaian pelaksanaan PTM terbatas pada aspek context diperoleh nilai rata-rata sebesar 5,23 termasuk dalam kategori “Baik”, pada aspek input sebesar 6,73, termasuk dalam kategori “Sedang”, pada aspek process sebesar 3,10 termasuk dalam kategori “Baik” dan pada aspek product sebesar 3,08, termasuk dalam kategori “Sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada satuan Pendidikan sekolah dasar di kabupaten enrekang tergolong “baik”, Disarankan dalam pembelajaran tatap  muka terbatas, guru dituntut mampu merancang kegiatan pembelajaran dari perencanaan hingga evaluasi dengan cara yang lebih sederhana, lebih kreatif dan efektif dengan tetap mamatuhi protocol Kesehatan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Masnur, M., Aminullah, A., Haliq, M. I., Elihami, E., & Rahmat, R. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Terbatas di Kabupaten Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1020-1026. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3159
Section
Articles

References

[1] Azwar, S. (2014). Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar (edisi II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[2] Basar, Afip Miftahul Et Al. 2021. “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi) A. Pendahuluan Kemampuan, Sikap, dan Bentuk-Bentuk Tingkah Laku Yang Bernilai Positif. Hal Itu Untuk Pencipta. Pendidikan S.” 2(1): 208–18.
[3] Budiarjo, R & Hidayatullah, R.S. 2021. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. JPTM. Volume 11 Nomor 01 Tahun 2021, 11 – 18.
[4] Kemendikbu. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (Ptm) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta. Direktorat Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
[5] Kemendikbud. 2021. Panduan Aman “Pembelajaran Tatap Muka Terbatas”. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
[6] Kemendikbud. 2021. Pedoman Pembelajaran Tatap Muka Terbatas sekolah dasar. Jakarta. Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas.
[7] Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
[8] Masnur, M., & Ismail, I. (2021). Efektivitas E-Learning Edmodo dan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Enrekang. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 163-169.
[9] Nissa, S, F, & Haryanto, A. 2020. “Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2): 402.
[10] Saab, N., van Joolingen, W., & van Hout-Wolters, B. (2012). Support of the collaborative inquiry learning process: Influence of support on task and team regulation. Metacognition and Learning, 7(1), 7–23. https://doi.org/10.1007/s11409-011-9068-6.
[11] Stufflebeam, D. L. & Shinkfield, A. J. (1985). Systematic evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing.
[12] Weiss, C.H. (1972). Evaluation research: methods of assessing program effectiveness. Englewood Cliffs, NJ, NJ: Prentice Hall, Inc.
[13] Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.