Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk membahas penerapan pembelajaran PKn untuk meningkatkan minat belajar pada siswa sekolah dasar. Sekolah adalah lembaga yang melatih siswa dibawah pengawasan guru. Dengan hadirnya Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar, diharapkan mampu membentuk karakter murid dan mampu membantu murid memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara yang baik, cerdas, terampil, dan bertanggung jawab. Dengan terbentuknya karakter siswa diharapkan mampu mengatasi masalah yang di hadapi. Namun masih banyak masalah pembelajaran PKn di Sekolah Dasar yang harus segera diatasi.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652-656. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3206
Section
Articles
References
Adi Winaya, K. (2017). Pembelajaran PKn yang Inovatid di Sekolah Dasar. Journal of Personality.
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran Pkn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas Ii Sdn 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24
Anderson, I., & Sari, R. (2016). Mata Pelajaran Pendidikan. 1(2), 251–274.
Anggraeni, A. (2019). Urgensi Penerapan Pendekatan Kontruktivisme pada Pembelajaran PKn SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 18–37. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7867/6753
Anggraeni, A., Barat, S., & Barat, S. (2019). STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA PEMBELAJARAN PKn HENDRIZAL, S.IP., M.Pd. 1) dan AISYAH ANGGRAENI 2). 14(1), 13–33.
Hendrizal. (2015). Kajian Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Issue September 2009).
Hendrizal. (2019). Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd Dan Solusinya. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 54–62. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7869/6755
Iman, G. (2013). Metode Kualintatif. 1–14.
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nurjannah, & Muslia, N. (2019). Implementasi Pembelajaran PKn dalam Kehidupan Bersosialisasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Peunaga Cut Ujong. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 12–22. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/download/292/247
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR (Program Pengabdian di Desa Cipeundeuy Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( Abdimas) IKIP Siliwangi, 1(1), 17–25.
Sofiah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 91–99. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.91-99
Suherman (2001: 9). (2017). Picture and Picture. MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP Baiq, 11(1), 1–12.
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran Pkn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas Ii Sdn 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24
Anderson, I., & Sari, R. (2016). Mata Pelajaran Pendidikan. 1(2), 251–274.
Anggraeni, A. (2019). Urgensi Penerapan Pendekatan Kontruktivisme pada Pembelajaran PKn SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 18–37. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7867/6753
Anggraeni, A., Barat, S., & Barat, S. (2019). STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA PEMBELAJARAN PKn HENDRIZAL, S.IP., M.Pd. 1) dan AISYAH ANGGRAENI 2). 14(1), 13–33.
Hendrizal. (2015). Kajian Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Issue September 2009).
Hendrizal. (2019). Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd Dan Solusinya. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 54–62. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7869/6755
Iman, G. (2013). Metode Kualintatif. 1–14.
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nurjannah, & Muslia, N. (2019). Implementasi Pembelajaran PKn dalam Kehidupan Bersosialisasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Peunaga Cut Ujong. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 12–22. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/download/292/247
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2018). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR (Program Pengabdian di Desa Cipeundeuy Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( Abdimas) IKIP Siliwangi, 1(1), 17–25.
Sofiah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 91–99. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.91-99
Suherman (2001: 9). (2017). Picture and Picture. MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP Baiq, 11(1), 1–12.