Peranan Bimbingan Konseling Islam bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

Main Article Content

Ira Suryani
Khairuddin Khairuddin
Tarmiji Siregar
Masringgit Marwiyah Nst

Abstract

Bimbingan dan konseling islam di sekolah dalam membangun keseimbangan antara emosi, intelektual, spiritual dan sikap kepribadian para peserta didik. Adapun sasaran tulisan ini adalah lembaga-lembaga pendidikan dan para mahasiswa fakultas dakwah dan ilmu komunikasi dan fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan yang berkepentingan untuk memberikan pembinaan dalam membangun keseimbangan ilmu dan mental kepribadian serta mental keagamaan para peserta didik. Secara ringkas, dari tulisan ini dapat dipahami, bahwa lembaga pendidikan berkewajiban menugaskan kepada para peserta didik untuk memberikan pembekalan kepada para peserta berupa ilmu pengetahuan. Sama pentingnya dengan memberikan pembekalan ilmu pengetahuan kepada para peserta didik ini, para pengelola lembaga pendidikan juga dituntut untuk menugaskan kepada para guru yang memiliki kompetensi untuk memberikan pendampingan kepada para peserta didik selama menjalani proses belajar mengajar. Islam merupakan sumber utama dalam membentuk pribadi seorang muslim yang baik. Dengan berlandasankan al-quran dam as-sunnah, islam mengarahkan dan membimbing manusia ke jalan yang diridhoi-nya dengan membentuk kepribadian yang berakhlak karimah. Sebagaimana sabda rosulullah saw: sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suryani, I., Khairuddin, K., Siregar, T., & Nst, M. M. (2022). Peranan Bimbingan Konseling Islam bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 666-672. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3210
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.