The Feasibility of Learning Media for MAKEHATI Magazine on Sub-Material on Biodiversity Utilization

Main Article Content

Karlinus Karlinus
Syamswisna Syamswisna
Titin Titin

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media majalah pada submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia kelas X SMA. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kualitatif, yaitu menghitung nilai media majalah. Skala pengukuran validasi instrumen media majalah yang digunakan adalah skala likert dengan instrumen menggunakan pertanyaan positif dengan penilaian 4 (sangat baik), 3 (baik), 2 (buruk), 1 (sangat buruk). Validasi majalah dilakukan dengan 5 orang validator diantaranya 2 dosen FKIP UNTAN dan 3 guru mata pelajaran biologi di SMAN 1 Sengah Temila, SMAN 2 Sengah Temila dan SMA Santo Benediktus Pahauman. Berdasarkan hasil analisis data dari kelima validator dengan memberikan nilai untuk masing-masing kriteria ada 3 (baik) dan 4 (sangat baik) dan diperoleh nilai CVR dari semua kriteria adalah 0,99 maka selanjutnya akan dilakukan untuk menghitung nilai CVI dan diperoleh total yaitu 1 (kategori valid). Dengan ini majalah dapat digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Karlinus, K., Syamswisna, S., & Titin, T. (2022). The Feasibility of Learning Media for MAKEHATI Magazine on Sub-Material on Biodiversity Utilization. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2031-2034. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.3218
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.