Pengembangan Strategi Pembelajaran Daring untuk Mengatasi Dampak Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Wabah virus Covid-19 berdampak sangat luas pada sendi kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Sehingga pemerintah menerapkan kebijakan Pendidikan di Masa Darurat Penyebaran Virus Corona. Strategi pembelajaran selama ini kebanyakan hanya berkutat pada proses pembelajaran konvensional (tatap muka), sehingga pada saat terjadi fenomena darurat maka strategi pembelajaran tidak akan berjalan efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi kendala proses belajar mengajar secara online terhadap adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi kendala dan akibat dari pandemi Covid-19 terhadap kegiatan proses belajar mengajar disekolah dasar. Hasil penelitian ini yaitu terdapat beberapa kendala yang dialami siswa, guru dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online yaitu penguasaan teknologi yang masih kurang, penambahan biaya kuota internet, adanya pekerjaan tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar, komunikasi dan sosialisasi antar siswa, guru dan orang tua menjadi berkurang dan jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karena harus berkomunikasi dan berkoodinasi dengan orang tua, guru lain, dan kepala sekolah.
Downloads
Article Details
References
[2] Davies, J., & Martin Graff. (2005). Performance in e-learning: online participation and student grades. British Journal of Educational Technology 36(4) , 657–663.
[3] Dewi, W. A. (2020, April). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1), 55-61.
[4] Johnson, S., & Aragon, S. (2003). An Instructional Strategy Framework for Online Learning Environments. New Directions For Adult And Contuining Education 3(10), 31-43.
[5] Livingston, K., & Rae Condie. (2010, August). The Impact of an Online Learning Program on Teaching and Learning Strategies. Theory Into Practice 45(2), 150-158.
[6] Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES (hal. 447-452). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
[7] Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal EduPsyCouns 2(1).
[8] Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021, April). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1), 9-15.
[9] Setiono, P., Handayani, E., Selvia, & Widian.A, W. (2020, Desember). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Juridikdas : Jurnal Riset Pendidikan Dasar 3(3), 402-407.
[10] Weber, N. L., Lennon, L., & Cole, A. (2019, April). Student perceptions of online active learning practices and online learning climate predict online course engagement. Interaktive Learing Environments 29(5), 866-880.
[11] Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020, Juni). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid- 19. Jurnal Guru Kita : Vol. 4 No. 3, 51–58.