Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Matakuliah Perkembangan Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada matakuliah Perkembangan Peserta Didik. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada mahasiswa prodi pendidikan Bimbingan dan Konseling IKIP Gunungsitoli. Subyek penelitian terdiri dari 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dipergunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh peningkatan motivasi belajar mahasiswa dari siklus I ke siklus II yakni untuk motivasi rendah meningkat sebesar 8%, motivasi sedang meningkat sebesar 9%, motivasi tinggi meningkat sebesar 33%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 15%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.