Ekploitasi Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPS di MTs Negeri Medan
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Latar belakang penulisan artikel ini didasari dari rendahnya nilai belajar siswa pada mata pelajaran (mapel) ilmu pengetahuan sosial atau IPS di kelas VIII B MTS Negeri Medan. Tujuan penulisan dalam artikel ini adalah untuk mendeskripsikan empat faktor penting dalam proses pembelajaran, yang dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa. Metode dalam artikel ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK. Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah salah satu model KEMMIS dan MC Target. Kemudian dibantu menggunakan media audio visual dalam pembelajaran. Objek penelitian berada di MTS Negeri Medan dan yang dijadikan subjek penelitian adalah Siswa kelas VIII B dengan jumlah 30 siswa. Adapun yang diekploitasi pada tahap perencanaan adalah RPP dimulai dari penyusunan dan pembuatan instrumen penelitian sesuai dengan kebutuhan peneliti. Dalam memperoleh dan menganalisis data tentang hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, peneliti menggunakan tiga siklus. Adapun hasil penelitian diperoleh dengan nilai cukup pada siklus I. Kemudian memiliki peningkatan pada siklus II dengan perolehan data Baik. Pada Siklus III mendapatkan hasil nilai sangat baik. Semuanya terlihat dari nilai KKM yang diatas rata-rata. Sedangkan kendala yang dialami peneliti adalah kesulitan dalam merevisi konten yang ada dalam video, kemudian menyesuaikannnya dengan RPP. Namun kendala tersebut dapat diatasi dengan mengedit dan mencari konten-konten yang terbaru.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Media Audio Visual, Hasil belajar.
Audio Visual Media Exploitation in Social Studies Learning at MTs Negeri Medan
Abstract
The background of writing this article is based on the low value of student learning in social science or social science subjects in class VIII B MTS Negeri Medan. The purpose of writing in this article is to describe four important factors in the learning process, starting from the planning stage, implementation stage and improving student learning outcomes. The method in this article uses classroom action research (CAR. Classroom action research used is one of the KEMMIS and MC Target models. Then it is assisted by using audio-visual media in learning. The object of research is at MTS Negeri Medan and the research subjects are Class VIII students B with a total of 30 students. As for what was exploited at the planning stage, the lesson plan was started from the preparation and manufacture of research instruments according to the needs of the researcher. In obtaining and analyzing data on student learning outcomes in social studies subjects, the researchers used three cycles. The research results were obtained by enough value in cycle I. Then it has an increase in cycle II with good data acquisition. In Cycle III the score is very good. Everything can be seen from the KKM value which is above the average. While the obstacles experienced by researchers are difficulties in revising the content in the video, then suck compare it with RPP. However, these obstacles can be overcome by editing and searching for the latest content.
Keywords: Social Studies Learning, Audio Visual Media, Learning Outcomes.