Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik

Main Article Content

Annisa Maharani
Ceceng Syarif

Abstract

Pendidikan pada prinsipnya yaitu membimbing atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama, yaitu siswa diharapkan mempu mengoptimalkan segenap potensi dalam rangka kemajuan bangsa. Maka dari itu pendidikan bukan hanya bertujuan untuk mengembangkan potensi intelektual dan keterampilan siswa, namun harus memiliki nilai etika- etika dan moral yang baik dalam menjalankan kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik di MtsN 4 Karawang. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif digunakan karena data penelitian yang dapat merupakan angka dan analisis dengan menggunakan perhitungan statistik. Pendekatan ini dipilih karena menurut penulis untuk membantu mendapatkan informasi mengenai pengaruh manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTsN 4 Karawang.  Teknik pengumpulan data nya menggunakan penyebaran angket dan wawancara, dan melakukan uji instrumen. Dan hasil penelitian ini bahwa manajemen pendidikan karakter yang di terapkan di MtsN 4 Karawang melalui program seperti mabit (malam bimbingan takwa), membaca al-Qur’an bersama dalam rangka membina akhalak peserta didik sangat perpengaruh terhadap akhlak peserta didik, contohnya peserta didik memiliki akhlak yang baik, bertanggung jawab dan lain sebagainya yang memcerminkan akhlak karimah ( akhalk yang baik)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maharani, A., & Syarif, C. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 763-769. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3282
Section
Articles

References

[1] Abdullah Sani, R., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi
[2] Aksara. Ampel, T. D. (1996). Dasar-Dasar Kependidikan Islam. Surabaya: Karya
[3] Abditama. Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karkter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
[5] Kesuma, D. (2013). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Rosda.
[6] Mahjudin. (2012). Akhlak Tasauf. Jakarta: Kalam Mulia.
[7] Marimba, A. (1989). Pengertian Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. AlMa'arif.
[8] Mardalis. (1990). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Marzuki. (2015). Pendidikan Krakter Islam. Jakarta: Amzah.
[10] Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
[11] Najib, M., Wiyani, N. A., & Sholichin. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
[12] Marimba, A. (1989). Pengertian Filsafat Pendidikan. Bandung: PT. AlMa'arif.
[13] Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
[14] Taufiqur Rahman, & Siti Masyarafatul Manna Wassalwa. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175
[15] Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.
[16] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.