Penerapan Teknik Scanning dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 25 Makassar

Main Article Content

Erniati Erniati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Makassar dengan teknik scanning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 25 Makassar yang terdiri dari 29 siswa. penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdapat empat rancangan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 25 Makassar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, pedoman wawancara guru, data angket, catatan lapangan, jurnal siswa, dan lembar observasi siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca dalam teknik scanning pada  pembelajaran membaca siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 25 Makassar dapat meningkatkan membaca dalam proses pembelajaran. Terlihat dari siswa yang setiap siklus semakin aktif, antusias, berani bertanya, dan berani menjelaskan dihadapan siswa lainnya untuk membaca. Proses membaca pada akhirnya berdampak positif dan  peningkatan  kemampuan  membaca  pada siswa terlihat dari hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari siswa yang hasil belajarnya telah memenuhi standar KKM. Pada siklus I dengan memperoleh jumlah skor 160 dengan nilai rata-rata 76,55 dan siklus II jumlah skor meningkat 199,27 dengan nilai rata-rata 90,34 dan memenuhi standar KKM.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Erniati, E. (2022). Penerapan Teknik Scanning dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 25 Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 799-809. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3292
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.