Virtual Learning Poltekkes (VILEP) as an Alternative Method for Face-to-face Lectures

Main Article Content

Wahidah Sukriani
Noordiati Noordiati

Abstract

Konsep pembelajaran elektronik (e-learning) telah menjadi bagian dari metode pembelajaran baik menjadi metode yang berdiri sendiri maupun menjadi metode campuran yang di padukan dengan metode pembelajaran lainnya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pembelajaran e-learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya menggunakan Virtual Learning Poltekkes Kemenkes (VILEP) yang mana ini merupakan portal layanan e-Learning di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan. Evaluasi hasil belajar dengan pembelajaran melalui VILEP ini belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektifitas pembelajaran dengan metode VILEP terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel Penelitian sebanyak 76 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok. Analisa data pada penelitian ini  menggunakan  dilakukan dengan Uji Mann Whitney untuk melakukan uji beda pada kedua variabel, serta dilakukan uji regresi linier berganda. Tidak ada beda hasil belajar mahasiswa pada kedua kelompok (p>0,05). Metode VILEP memiliki efektivitas yang sama dengan perkuliahan tatap muka. Metode VILEP dapat digunakan sebagai pengganti saat dosen tidak dapat melaksanakan kuliah tatap muka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sukriani, W., & Noordiati, N. (2022). Virtual Learning Poltekkes (VILEP) as an Alternative Method for Face-to-face Lectures. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1907-1913. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.3297
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.