Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid dalam Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail (Studi Analisis Surat Ash Shaffat Ayat 99-107 dalam Tafsir Ibnu Katsir)

Main Article Content

Jumadi Ibrahim
Nur Hidayah
Lailla Hidayatul Amin
Elihami Elihami

Abstract

Tauhid merupakan masalah yang paling fundamental dan yang diutamakan dalam Islam. Namun demikian masih banyak dari kalangan masyarakat awam yang belum mengerti, memahami dan menghayati sebenarnya akan makna dan hakikat dari tauhid yang dikehendaki Islam. Kisah Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail dalam surat Ash-Shaffat ayat 99-107 menggambarkan dengan jelas tentang hubungan antar orang tua dan anak, dan pentingnya sebuah pendidikan tauhid yang dilaksanakan dalam sebuah keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (Library Research). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber, yaitu sumber primer adalah kitab Al-Qur’an dan kitab terjemahan tafsir Ibnu Katsir, sumber sekunder adalah buku teori-teori tentang nilai-nilai Pendidikan tauhid, kisah-kisah dalam Al-Qur’an dan buku-buku pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data baik primer maupun sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode tafsir tahlili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan tauhid yang terkandung dalam kisah Nabi Ibrahim dan Ismail dengan cara mengelompokannya menjadi tiga nilai tauhid utama, yaitu nilai tauhid rububiyah, nilai tauhid uluhiyah dan nilai tauhid asma’ wa sifat. 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan tauhid terhadap pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah Nabi Ibrahim dan Ismail pada surat Ash-Shaffat ayat 99-107 berkaitan erat dengan tujuan pendidikan Islam itu sendiri yaitu, diciptakannya manusia semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT dan membentuk objek pendidikan menjadi manusia yang paripurna (insan kamil), sesuai dengan ajaran dan pribadi Rasulullah SAW untuk mendekatkan diri kepada Allah demi mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ibrahim, J., Hidayah, N., Amin, L. H., & Elihami, E. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid dalam Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail (Studi Analisis Surat Ash Shaffat Ayat 99-107 dalam Tafsir Ibnu Katsir). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 821-825. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3298
Section
Articles

References

bbudin Nata. (2011). Studi Islam Komprehensif. Jakarta: Kencana.
[2] Abdul Aziz bin Muhammad Alu Abdul Lathif. (1998). Pelajaran Tauhid Untuk Tingkat Lanjutan. Jakarta: Darul Haq.
[3] Abdul Majid & Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
[4] Abu Fida’ Imaduddin Ismail bin Umar bin Katsir. (2019). Tafsir Ibnu Katsir Juz 8. (Terjemahan oleh Arif Rahman Hakim dkk). Solo: Insan Kamil.
[5] Jauhar Hatta. (2009) Urgensi Kisah-Kisah Dalam Alquran Al-Karim bagi proses Pembelajaran PAI pada MI/SD. Jurnal Al-Bidayah PGMI, Volume II, 14.
[6] Mariyatul Norhidayati Rahmah. (2016). Model Komunikasi Interpersonal dalam Kisah Nabi Yusuf, Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, Vol. 04, No. 07, hlm. 1.
[7] M. Amin Rais. (1991). Cakrawala Islam Antara Cita Dan Fakta. Bandung: Mizan.
[8] M. Chabib Thoha. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[9] Muhammad Takdir Ilahi. (2016). Revitalisasi Pendidikan Berbasis Morali. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
[10] Shalah al-Khalidy. (1999). Kisah-kisah Al-Qur’an Pelajaran Dari Orang-orang Dahulu. Jakarta: Gema Insani.
[11] Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan, (2019). Kitab Tauhid Jilid 1. Jakarta: Darul Haq.
[12] Susilawati. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Melalui Kisah Dalam Alquran. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1, No. 01, 23.
[13] Sutarjo Adisusilo. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter Kionstruksivisme VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.