Eksplorasi Peran Variabel Kontekstual dan Mediasi Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Inovasi Karyawan

Main Article Content

Saiful Haq
Dewiana Novitasari

Abstract

Kinerja organisasi dipengaruhi secara positif oleh perilaku inovatif karyawan, tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa perilaku kerja inovatif mungkin memiliki konsekuensi kinerja yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana variable kontekstual berupa kepercayaan inovasi dan otonomi kerja mempengaruhi efektivitas perilaku kerja inovatif melalui moderasi kepuasan kerja. Model teoretis dikembangkan dan diuji pada data sampel 173 karyawan di salah satu industry manufaktur di Indonesia. Pengolahan data menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Studi ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja mampu memoderasi pengaruh kepercayaan inovasi terhadap perilaku kerja inovatif karyawan industry manufaktur. Berbanding terbalik dengan otonomi kerja. Implikasi praktis dari hasil studi ini adalah manajerial perusahaan dapat menyelaraskan variable kontekstual dengan kepuasan kerja guna memperoleh efektivitas yang tinggi dari perilaku kerja inovatif karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Haq, S., & Novitasari, D. (2022). Eksplorasi Peran Variabel Kontekstual dan Mediasi Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Inovasi Karyawan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 838-851. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3305
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.