Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen. Analisis regresi sederhana digunakan dalam analisis data penelitian dengan menggunakan bantuan program SPSS 17. Pelaksanaan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh strategi lightening the learning climate terhadap motivasi belajar mahasiswa. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP, Universitas Nias yang mengontrak mata kuliah Pendidikan Agama Kristen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yakni kelas 1 sebanyak 24 orang dan kelas 2 sebanyak 26 oang. Kelas 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, prosedur yang dilalui terdiri dari beberapa tahapan kegiatan pengumpulan data, yakni observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung 3,670 dengn taraf signifikan α = 5% didapat ttabel, -2,799, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi lightening the learning climate (X) terhadap motivasi belajar (Y) mahasiswa di Prodi BK FKIP Universitas Nias dan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 35% dan selebihnya 65% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.