Hard Skills atau Soft Skills: Manakah yang lebih penting bagi inovasi guru
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh hard skills dan soft skills terhadap kemampuan inovasi guru di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang dimediasi oleh organizational learning. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan sampel acak sederhana melalui elektronik ke populasi guru di Jabodetabek. Hasil kuesioner yang dikembalikan dan valid adalah 676 sampel. Pemrosesan data menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hard skills dan soft skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan inovasi guru, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi organizational learning. Penelitian baru ini mengusulkan sebuah model untuk membangun kemampuan inovasi guru di antara para guru di Jabodetabek melalui peningkatan hard skills dan soft skills dengan organizational learning sebagai mediator. Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi era pendidikan 4.0.