Hard Skills atau Soft Skills: Manakah yang lebih penting bagi inovasi guru

Main Article Content

Masduki Asbari
Laksmi Mayesti Wijayanti
Choi Chi Hyun
Donna Imelda
Evy yanthy
Agus Purwanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh hard skills dan soft skills terhadap kemampuan inovasi guru di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang dimediasi oleh organizational learning. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan sampel acak sederhana melalui elektronik ke populasi guru di Jabodetabek. Hasil kuesioner yang dikembalikan dan valid adalah 676 sampel. Pemrosesan data menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hard skills dan soft skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan inovasi guru, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi organizational learning. Penelitian baru ini mengusulkan sebuah model untuk membangun kemampuan inovasi guru di antara para guru di Jabodetabek melalui peningkatan hard skills dan soft skills dengan organizational learning sebagai mediator. Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi era pendidikan 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asbari, M., Wijayanti, L., Hyun, C., Imelda, D., yanthy, E., & Purwanto, A. (2020). Hard Skills atau Soft Skills: Manakah yang lebih penting bagi inovasi guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-20. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.333
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.