Identifikasi Karakter Tanggung Jawab Peserta didik Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur

Main Article Content

Purwanti Purwanti
Astalini Astalini
Alrizal Alrizal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IPA yang mengikuti pembelajaran fisika yang berjumlah 133 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tanggung jawab. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Dari sepuluh indikator karakter tanggung jawab terdapat dua indikator dominan berkategori sangat baik yaitu, menghormati dan menghargai aturan di sekolah dengan persentase 42,11% dan memiliki rasa tanggung jawab erat kaitannya dengan prestasi di sekolah dengan persentase 38,35%. Sedangkan yang berkategori baik terdapat tiga indikator yaitu, tidak menyalahkan orang lain dalam belajar dengan persentase 54,14%, bisa membuat keputusan yang berbeda dari keputusan orang lain dalam kelompoknya dengan persentase 48,12%, danĀ  mempunyai minat yang kuat untuk menekuni belajar dengan persentase 55,5%. Di lain pihak terdapat dua indikator berkategori cukup dan baik yaitu, mampu menentukan pilihan kegiatan belajar dari beberapa alternatif dengan persentase 40,6% baik dan 39,85% cukup, dan melakukan tugas sendiri dengan senang hati dengan persentase 37,59%. Selanjutnya untuk kategori cukup terdapat tiga indikator yaitu, dapat berkonsentrasi dalam belajar dengan persentase 50,38%, melakukan tugas belajar dengan rutin tanpa harus diberi tahu dengan persentase 54,14%, dan dapat menjelaskan alasan atas belajar yang dilakukannya dengan persentase 46,62%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purwanti, P., Astalini, A., & Alrizal, A. (2022). Identifikasi Karakter Tanggung Jawab Peserta didik Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 904-916. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3333
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.