Management of Online-Based Learning Media in PAI Learning for Students at SDN Wancimekar 1

Main Article Content

Cici Hastuti
Undang Ruslan Wahyudin

Abstract

Pada masa Covid-19 ini dimana pembelajaran di sekolah diharuskan menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) maka sebagai guru dituntut untuk bisa menyesuaikan metode serta media yang digunakan agar pembelajaran tetap berjalan secara efektif. Maka tak terkecuali juga dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang harus dilakukan secara daring juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan media pembelajaran berbasis daring yang dilakukan pada mata pelajaran PAI di kelas 6A SDN Wancimekar 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 40 siswa kelas 6A SDN Wancimekar 1. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa media  yang dikelola dengan baik memiliki peran yang penting terhadap pelaksanaan pembelajaran terlebih disaat  pandemi  Covid-19  seperti  saat  ini. Aspek pengelolaan media pembelajaran berbasis daring yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kendati demikian masih terdapat beberapa hambatan yaitu seperti kesulitan sinyal, terbatasnya kuota internet, dan tidak semua peserta didik mempunyai handphone sendiri. Lalu solusi yang ada yaitu guru memberikan tambahan waktu pengumpulan tugas, dan melakukan home visit.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hastuti, C., & Wahyudin, U. (2022). Management of Online-Based Learning Media in PAI Learning for Students at SDN Wancimekar 1. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2585-2589. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.3339
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.