Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Etika Sesama Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gatak

Main Article Content

Ana Mifahul Husna
Joko Subando
Arif Effendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa, bagaimana etika sesama pada siswa dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Pendidikan Agama Islam terhadap etika sesama pada siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gatak, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII materi Pendidikan Agama Islam dikategorikan tinggi dengan presentase sebesar 60,5%. Sedangkan hasil penelitian tentang etika sesama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo juga tergolong tinggi dengan presentase sebesar 60,5%. Adanya pengaruh yang positif  dan signifikan antara Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Etika Sesama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gatak Kabupaten Sukoharjo dibuktikan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan hasil 0,95. Sedangkan nilai tabel pada taraf signifikan 95% sebesar 0,151.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Husna, A. M., Subando, J., & Effendi, A. (2022). Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Etika Sesama Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gatak. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 992-995. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3358
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.