The Effect of Educational Supervision on the Learning Activities of Binjai State Madrasah Tsanawiyah Students

Main Article Content

Aprillia Nurul azmi Batu bara
Reihan Kamila Hasri
Rismoninta Padang
Clara Tri Putri
Fikri Syuhadi

Abstract

Supervisi di sekolah dilaksanakan oleh Seorang kepala sekolah yang bertindak sebagai supervisor, maka dia harus mampu melakukan berbagai pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja guru. Pengawasan dan pengendalian ini merupakan tindakan preventiv untuk mencegah agar guru tidak melakukan penyimpangan dan agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini mengungkap kegiatan supervisi yang dilakukan oleh Kepala sekolah  MTSN  Binjai terhadap kinerja guru dalam aktivitas pembelaran siswa . Adapun hasil dari penelitian ini adalah:1). Fokus kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah dapat diidentifikasikan ke dalam dua hal yaitu; Bagaimana pengaruh kegiatan supervisi dalam kemampuan penyesuaian terhadap guru dan hasil belajar pada MTSN binjai dan bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung supervisi terhadap kemampuan profesional guru pada  kegiatan proses belajar mengajar, 2). Kegiatan supervisi sangat membantu bagi guru dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan yang dihadapi guru pada saat melakukan pembelajaran, serta dapat memberikan motivasi bagi guru agar selalu meningkatkan pengetahuan untuk menjadi guru yang professional dalam melaksanakan pembelajaran, 3). Hambatan kepala sekolah dalam supervisi adalah dalam pengawasan pembelajaran yang dilakukan secara daring.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Batu bara, A., Hasri, R., Padang, R., Putri, C., & Syuhadi, F. (2022). The Effect of Educational Supervision on the Learning Activities of Binjai State Madrasah Tsanawiyah Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1541-1544. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.3363
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.