Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru dalam rangka Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di SDN Wanasari 15

Main Article Content

Balqista Yolanda Azizah
Undang Ruslan Wahyudin

Abstract

Adapun tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam rangka meningkatkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) berlokasi di SDN Wanasari 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam hal pemahaman peserta didik menggunakan pendekatan peserta didik di mana kita masuk ke dunianya dan lebih mendekatkan kepada peserta didik, (2) dalam hal merancang dan melaksanakan proses pembelajarannya mengulang kembali materi pelajaran yang kemarin dan mengajak peserta didik untuk membiasakan menulis huruf arab, bermain quiz tebak-tebakan, dan membentuk kerja kelompok serta media pembelajarannya tergantung dengan materi yang diajarkan, dan pemanfaataan teknologi informasinya memberi tugas di rumah melalui internet agar peserta didik tidak bermain game secara terus-menerus, (3) dalam hal evaluasi dan hasil pembelajaran pendidik memberikan tugas harian atau pekerjaan rumah dan melakukan tes bulanan serta ujian tengah semester dan ujian akhir semester dengan RPP yang sudah ada, (4) dalam hal pengembangan peserta didik dalam berbagai potensi yang dimilikinya dengan memberikan tugas-tugas yang menyenangkan dan tidak membosankan serta diselipkan belajar sambil bernyanyi agar peserta didik cepat hafal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azizah, B., & Wahyudin, U. (2022). Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru dalam rangka Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di SDN Wanasari 15. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 929-933. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3366
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.