Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang konsep pendidikan multikultural di Indonesia. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan multikultural merupakan sebuah proses Pendidikan yang memberikan peluang yang sama kepada semua individu tanpa membedakan suku, ras, agama, budaya maupun status sosialnya. Dalam upaya memperkuat persatuan dan kesatuan, identitas nasional dan citra bangsa baik di kancah nasional maupun internasional. Lembaga pendidikan harus mampu mendesain proses pembelajaran, desain kurikulum, desain evaluasi, serta membekali dan mempersiapkan guru yang memiliki persepsi sikap dan perilaku multikultural, sehingga mampu menjadi bagian yang memberikan kontribusi positif terhadap pembinaan sikap multikultural para peserta didik.