Studi Komparasi Prestasi Belajar Antara Santriwati yang Belajar di Rumah dengan di Asrama

Main Article Content

Iftitah Iftitah
Arif Effendi
Lailla Hidayatul Amin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus covid-19 yang menyerang dunia, memberikan dampak keseluruh sektor kehidupan termasuk kedalam pendidikan yang mana mengharuskan tenaga kependidikan mengubah metode pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (online), oleh karena itu penelitian ini merumuskan masalahnya dan bertujuan untuk mengetahui: 1. Prestasi belajar santriwati kelas delapan yang belajar di rumah. 2.  Prestasi belajar santriwati kelas delapan yang belajar di asrama. 3. Perbedaan prestasi belajar antara santriwati  kelas delapan yang belajar di rumah dengan santriwati kelas delapan yang belajar di asrama. Penelitian dilakukan di MTs.Ma’ahid Kudus dari 1-31 Desember 2021, metode penelitian yang digunakan kuantitatif komparasi, dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dan dokumentasi, adapun populasinya adalah seluruh santriwati kelas delapan yang berjumlah 58, dan sampel yang diambil berjumlah 52. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan uji t. Setelah analisis data yang dilakukan, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1. Secara umum rata-rata prestasi belajar santriwati yang belajar di rumah pada santriwati kelas delapan pondok pesantren MTs. Ma’ahid Kudus dalam kategori cukup. 2. Secara umum rata-rata prestasi belajar santriwati yang belajar di asrama pada santriwati kelas delapan pondok pesantren MTs. Ma’ahid Kudus dalam kategori cukup. 3. Tidak ada perbedaan prestasi belajar antara santriwati yang belajar di rumah dengan santriwati yang belajar di asrama. Tapi jika dilihat dari rata-rata hasil belajar santriwati yang belajar di rumah yang berjumlah 81,83 dengan santriwati yang belajar di asrama yang berjumlah 82,41 terdapat selisih yang tidak begitu signifikan tapi masih bisa dikatakan bahwa santriwati yang belajar di asrama lebih unggul satu angka dari santriwati yang belajar di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Iftitah, I., Effendi, A., & Amin, L. H. (2022). Studi Komparasi Prestasi Belajar Antara Santriwati yang Belajar di Rumah dengan di Asrama. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1099-1106. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3399
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.