Evaluation of Character Education Program in SD IT Nurul Madani Bandar Setia
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pendidikan karakter mutlak diperlukan, karena pendidikan pada hakekatnya tidak dapat dipisahkan dari karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi ketercapaian program pendidikan karakter di SDIT Nurul Madani Bandar Setia. Jenis penelitian adalah evaluasi program (evaluasi formatif) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek pendidikan karakter termasuk dalam kategori baik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data Milles & Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kesiapan sekolah SDIT Nurul Madani untuk mengimplementasikan pendidikan karakter baik, dinilai dari kurikulum yang telah terintegrasi pendidikan karakter, namun masih kurang dalam hal pengelolaan sarana prasarana pendukung dan banyak guru memerlukan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter; (2) implementasi pendidikan karakter belum tampak pada kegiatan pembelajaran; (3) dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan dirasa masih kurang oleh sekolah; (4) monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan pengawas di setiap sekolah; dan (5) kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter, dan tidak adanya sinergi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah.