Pengaruh Genetic Personality dan Authoritative Parenting Style terhadap Pendidikan Karakter di Aya Sophia Islamic School

Main Article Content

Masduki Asbari
Wakhida Nurhayati
Agus Purwanto
Firdaus Putra

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk menjadi mainstream pokok pendidikan di Indonesia baik di ranah formal, nonformal maupun informal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter anak, di antaranya adalah genetic personality dan pola asuh di keluarga (parenting style). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh genetic personality, khususnya berbasis konsep STIFIn dan pengaruh parenting style, khususnya tipe pengasuhan authoritative parenting style terhadap pengembangan karakter anak. Jenis penelitian adalah korelasional menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket kepada populasi melalui online dengan teknik simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa Aya Sophia Islamic School sebanyak 184 orang. Kuesioner yang kembali dan valid sebanyak 144 sampel. Kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala Likert. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh parenting style merupakan hasil modifikasi dari Parenting Style Questionnaire (PSQ) Robinson et al. (1995) dan Roman et al. (2015). Instrumen untuk mengukur genetic personality diadaptasi dari Poniman dan Mangussara (2013), sedangkan untuk mengukur pengembangan karakter anak menggunakan adaptasi dari Poniman dkk. (2014). Analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genetic personality dan authoritative parenting style berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asbari, M., Nurhayati, W., Purwanto, A., & Putra, F. (2020). Pengaruh Genetic Personality dan Authoritative Parenting Style terhadap Pendidikan Karakter di Aya Sophia Islamic School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 142-155. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.341
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.