Pengaruh Genetic Personality dan Authoritative Parenting Style terhadap Pendidikan Karakter di Aya Sophia Islamic School
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter penting untuk menjadi mainstream pokok pendidikan di Indonesia baik di ranah formal, nonformal maupun informal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter anak, di antaranya adalah genetic personality dan pola asuh di keluarga (parenting style). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh genetic personality, khususnya berbasis konsep STIFIn dan pengaruh parenting style, khususnya tipe pengasuhan authoritative parenting style terhadap pengembangan karakter anak. Jenis penelitian adalah korelasional menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket kepada populasi melalui online dengan teknik simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa Aya Sophia Islamic School sebanyak 184 orang. Kuesioner yang kembali dan valid sebanyak 144 sampel. Kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala Likert. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh parenting style merupakan hasil modifikasi dari Parenting Style Questionnaire (PSQ) Robinson et al. (1995) dan Roman et al. (2015). Instrumen untuk mengukur genetic personality diadaptasi dari Poniman dan Mangussara (2013), sedangkan untuk mengukur pengembangan karakter anak menggunakan adaptasi dari Poniman dkk. (2014). Analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genetic personality dan authoritative parenting style berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter anak.