Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian dan Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan kepada guru kelas tinggi dengan menngunakan validasi isi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 13/I Muara bulian dari lima indikator diperoleh rata-rata persentasinya 68,41% sehingga disimpulkan bahwa kemampuan guru di Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian dikategorikan tinggi. Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 55/I Sridadi dari lima indikator diperoleh rata-rata persentasinya 83,3% sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru di Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian dikategorikan sangat tinggi.