Knowledge Management System Prestasi Kompetisi Mahasiswa Menggunakan Model Seci

Main Article Content

Julaiha Probo Anggraini

Abstract

Perguruan Tinggi memiliki standar akademik yang dapat mempengaruhi nilai akreditasi, salah satu standar akademik yaitu prestasi kompetisi mahasiswa di bidang akademik dan non akademik. Saat ini Universitas Budi Luhur belum memiliki sistem digital pengelolaan knowledge yang digunakan oleh para pelatih, dosen dan juga mahasiswa dalam melakukan Knowledge Sharing, sehingga terkadang knowledge tersebut tidak terkelola dengan baik sehingga kurang dapat dimanfaatkan oleh generasi berikutnya. Tujuan penelitian adalah membangun Knowledge Management System prestasi kompetisi mahasiswa menggunakan model SECI pada Sub.Dit. Kemahasiswaan Universitas Budi Luhur, yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk pengelolaan Knowledge, Pembentukan knowledge dalam penelitian ini menggunakan model SECI, analisa kebutuhan sistem menggunakan model Kano, metode perancangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah metode KM-Roadmap, pengujian prototipe knowledge management ini menggunakan metode Black Box Testing dan User Acceptance Test yang mendapatkan hasil bahwa sistem ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil penerimaan blackbox menunjukan 100% penerimaan. Metode skoring kualitas prototipe knowledge management ini menggunakan skala pengukuran Likert dengan hasil penerimaan 86.36% dengan kriteria sangat baik, sehingga sistem ini dapat diterapkan untuk pengelolaan knowledge yang digunakan oleh para pelatih, dosen dan juga mahasiswa dalam melakukan Knowledge Sharing prestasi kompetisi mahasiswa dibidang akademik dan non akademik pada Sub.Dit. Kemahasiswaan Universitas Budi Luhur.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggraini, J. (2022). Knowledge Management System Prestasi Kompetisi Mahasiswa Menggunakan Model Seci. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1061-1068. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3451
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.