Studi Fenomenologi Work-Family Conflict dalam Kehidupan Guru Honorer Wanita

Main Article Content

Masduki Asbari
Rudy Pramono
Fredson Kotamena
Juliana Liem
Otto berman sihite
Virza Utama Alamsyah
Donna Imelda
Samuel Tanasjah Setiawan
Agus Purwanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang seorang ibu rumah tangga untuk bekerja di luar sebagai guru honorer, mengetahui kondisi finansial keluarga guru honorer wanita, dan untuk mengetahui work-family conflict yang dialami wanita selama menjadi guru honorer. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi dengan metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Narasumber yang ada dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah sebagai guru honorer di Tangerang. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data. Metode pengujian data menggunakan triangulasi sumber dan member check.  Metode analisis data menggunakan data reduction, dan drawing conclusion. Penelitian ini menemukan bahwa faktor utama ibu rumah tangga untuk bekerja di luar rumah adalah karena faktor finansial dan pendidikan. Faktor lainnya adalah faktor mengisi waktu luang dan untuk bersosialisasi dengan rekan kerja. Solusi menangani work-family conflict dibahas mendalam dalam kajian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asbari, M., Pramono, R., Kotamena, F., Liem, J., sihite, O., Alamsyah, V., Imelda, D., Setiawan, S., & Purwanto, A. (2020). Studi Fenomenologi Work-Family Conflict dalam Kehidupan Guru Honorer Wanita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 180-201. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.347
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.